Penulis Konten

Jasa Penulis Artikel Bahasa Indonesia Berkualitas

Apel Malang 2 Minggu Busuk, Kok Apel Impor Tahan 6 Bulan dan Mengkilap?

Agustus 2014, demikian tulisan di kardus apel impor asal Afrika Selatan jenis Granny Smith. Tulisan itu mengacu pada picking date atau waktu petik apel dari negara asal. Kok masih terlihat segar dan tetap dijual hingga hari ini di Pasar Kramat Jati, Jakarta?

“Memang begitu, dari negara asal perjalanan ke sini itu paling cepat 3 bulan. Belum lagi apel tersebut disimpan di gudang importir. Tapi masih segar kok, karena gudangnya dingin. Saya tidak tahu disimpan berapa lama,” kata Budi, pedagang buah impor kepada detikFinance di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Sambil membenahi buah-buah yang dijualnya, Budi melanjutkan ceritanya, para pedagang buah impor di pasar ini tidak tahu persis berapa lama buah tersebut telah disimpan di gudang.

Pedagang lain yang tak mau disebut namanya menyahut. “Perjalanan buah itu ke sini memang lama, bisa 3 bulan. Kita sih cuma jual saja,” lanjutnya.manfaat buah apel

Di benak muncul pertanyaan, kok bisa buah bertahan berbulan-bulan tapi tetap segar dan mengkilap warnanya?

Pedagang yang tak mau disebut namanya itu mengatakan, kemungkinan ada pengawet yang dipakai pada buah-buah impor ini.

“Itu bisa terlihat segar dan mengkilap karena pakai lilin. Bayangkan saja, 3 bulan sampai sini bisa segar, tidak mungkin kalau tidak pakai pengawet,” kata pedagang itu sambil memegang apel impor di tangannya.

“Memang pakai pengawet, tapi pengawetnya layak konsumsi. Saya tidak tahu pengawetnya dari negara asal atau dari importirnya,” sahut pedagang lain lagi.

Terus penasaran, detikFinance menelusuri blok buah lokal di pasar tersebut. Nur, seorang pedagang buah lokal bercerita soal Apel Malang yang dijualnya.

Dia mengatakan, Apel Malang hanya bisa bertahan selama 2 minggu. “Ini saja sudah banyak yang busuk. Bagi pemetik di sana, mereka langsung mengemas buahnya dan dikirim,” ujar Nur.

“Dua minggu busuk karena tidak pakai pengawet. Kandungan gizinya ada, karena tidak pakai pengawet. beda dengan apel impor,” kata Nur sambil menunjuk apel-apel malang yang dijualnya.

Apel asal Amerika Serikat (AS) saat ini tengah hangat dibicarakan, karena mengandung bakteri Listeria monocytogenes dan telah memakan korban jiwa di negara asalnya. Jenis apel asal AS yang terkena bakteri ini adalah apel Gala dan Granny Smith.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menghentikan impor kedua jenis apel dari AS itu saat ini.

General

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *