6 Tips Berikut Ini Dapat Menurunkan Kadar Insulin

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menerunkan kadar insulin didalam tubuh. baik itu cara medis dan cara tradisonal. Semua cara dilakukan dalam upaya penyembuhan agar bisa kembali sehat seperti sedia kal. Jika Anda sedang mencari cara dalam menurunkan kadar insulin dalam tubuh, ikuti tips berikut ini yang seoga saja sedikit membantu.

Insulin berperan penting dalam menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh Anda. Namun, ketika suatu kondisi menyebabkan produksi insulin dalam tubuh meningkat melebih jumlah yang seharusnya, maka ada kemungkinan timbulnya lonjakan gula darah yang tinggi. Anda pun berisiko terserang diabetes tipe 2. Lantas, bagaimana cara menurunkan kadar insulin dalam tubuh agar tetap stabil?

1. Coba diet rendah karbohidrat

Dari tiga macam zat gizi makro yang Anda makan yaitu karbohidrat, protein dan, lemak, karbohidrat yang menyumbang gula paling banyak bagi tubuh. Salah satu cara bila Anda ingin menurunkan kadar insulin dalam tubuh adalah dengan menerapkan diet rendah karbohidrat. Pasalnya, asupan gula yang rendah dari sumber karbohidrat secara tidak langsung akan menurunkan kadar insulin dalam tubuh Anda.

Banyak penelitian yang juga telah membenarkan hal ini. Bahkan orang dengan kondisi resistensi insulin dalam tubuhnya seperti sindrom metabolik dan sindrom ovarium polikistik (PCOS) berhasil menurunkan kadar insulin dalam tubuhnya berkat diet rendah karbohidrat.

Menurut penelitian dari American Oil Chemists Society, diet rendah karbohidrat mampu menurunkan kadar insulin lebih rendah, yakni sekitar 50 persen daripada dengan diet rendah lemak yang hanya bisa menurunkan kadar insulin hingga 19 persen.

2. Pilih makanan dengan kadar indeks glikemik yang rendah

Melakukan diet rendah karbohidrat bukan berarti Anda benar-benar menghilangkan sumber gula dari makanan sehari-hari karena gula masih berguna sebagai sumber energi pada tubuh. Maka itu, coba pilah-pilah makanan apa saja yang bisa menjaga kadar gula darah tetap rendah. Pasalnya, makanan ini juga yang bisa membantu menjaga kadar insulin dalam tubuh tetap stabil.

Makanan yang bisa membantu menstabilkan kadar insulin, dikenal sebagai makanan dengan nilai indeks glikemik (IG) rendah. Beberapa contohnya seperti buah alpukat, apel, jeruk, wortel, bawang putih, selai kacang, dan cuka.

3. Olahraga rutin

Mungkin cara untuk menurunkan kadar insulin yang satu ini sudah sering Anda dengar. Ya, olahraga yang rutin dilakukan nyatanya memang ampuh untuk menurun kadar insulin dalam tubuh Anda. Penelitian dari American Geriatrics Society juga meyakini bahwa olahraga aerobik sangat efektif untuk mengoptimalkan kerja insulin pada orang yang memiliki obesitas ataupun diabetes tipe 2.

Terlebih jika Anda mengombinasikan olahraga aerobik ini dengan latihan ketahanan. Jenis latihan tersebut akan semakin menstabilkan kadar insulin dalam tubuh Anda.

4. Perbanyak konsumsi serat larut air

Ada banyak manfaat yang Anda peroleh dengan makan makanan yang mengandung serat larut air, seperti membantu menurunkan kadar gula darah dan berat badan. Serat larut air adalah salah satu jenis serat yang mudah dicerna tubuh, karena sesuai namanya, serat ini larut dalam air. Serat jenis ini akan menyerap air dan kemudian berubah bentuk menjadi gel.

Dengan makan sumber serat larut air, tubuh akan merasa lebih kenyang sehingga kadar gula darah dan insulin juga tetap terjaga dengan baik. Sebuah penelitian yang dilansir dari laman Healthline menemukan bahwa wanita yang makan banyak makanan sumber serat larut air memiliki kadar insulin yang lebih rendah daripada wanita yang mengonsumsi serat larut air dalam jumlah sedikit.

Tak hanya itu, serat larut air juga berguna untuk memberi makan bakteri baik yang hidup di dalam usus besar Anda, sehingga bisa meningkatkan kesehatan usus dan menjaga kadar insulin dalam tubuh.

5. Hindari gaya hidup sedenter

Cara lain yang bisa dengan mudah Anda lakukan demi menurunkan kadar insulin yakni dengan meninggalkan gaya hidup sedenter alias malas gerak. Tidak harus dengan cara yang sulit, Anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan santai dalam frekuensi yang cukup sering. Cara ini disinyalir lebih baik dibandingkan jika Anda hanya duduk diam dalam waktu yang lama.

Sebuah studi yang dilakukan selama 12 minggu menemukan bahwa kadar insulin dalam tubuh wanita yang berjalan kaki selama 20 menit setelah makan lebih cepat turun, dibandingkan wanita yang tidak berjalan kaki usai makan. Selain berguna untuk menurunkan kadar insulin, berjalan kaki juga bermanfaat untuk menurunkan lemak tubuh sehingga membuat Anda terlihat lebih bugar.

6. Minum teh hijau

Menurut penelitian dari Diabetes and Metabolism Journal pada tahun 2013, seseorang yang minum teh hijau setiap hari memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan seseorang yang minum kurang dari satu cangkir teh hijau dalam seminggu.

Diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat resistensi insulin pada tubuh. Maka secara tidak langsung, teh hijau berpengaruh pada penurunan resistensi insulin yang akan membantu mencegah munculnya diabetes tipe 2.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *